-->

SERBA-SERBI PMR

Penyebab Kegiatan Eskul PMR Kurang Menarik Bagi Siswa


Disaat sela-sela waktu coba ngobrol dengan salah satu pembina PMR, pertanyaan saya adalah apa saja kegiatan eskul PMR di sekolah, jawab ibu pembina PMR itu PMR bertugas pada saat upacara yang diadakan setiap hari senin.

Kemudian tugas lain adalah mempiketkan anggota PMR bertugas siaga jika ada kejadian, seperti misalnya yang pernah terjadi siswanya bermain bercanda dengan temannya kemudian salah satu terluka kepalanya terkena meja, keluar darah banyak, yang melakukan pertolongan pertama adalah para anggota PMR yang sedang piket hari itu, untuk selanjutnya dirujuk ke puskesmas terdekat.

Kalau hanya seperti itu, dalam hati saya disekolah anggota PMR pantas sedikit, karena tahunya sebagai anggota PMR hanya berkutat pada pertolongan pertama pada saat upacara.

Padahal bukan hanya itu ada 7 materi PMR yang disampaikan pada eskul PMR diantaranya

1.  Materi Ayo Siaga Mula - Materi PMR Mula

2. Gerakan PMR Mula Madya Wira

3. Ayo Siaga Madya _ Materi PMR Madya

4. Materi Pertolongan Pertama untuk Mula

5. Materi Pertolongan Pertama untuk Madya

6. Materi Pertolongan Pertama untuk Wira

7. Materi Ayo Siaga Untuk Wira

8. Materi Kepemimpinan PMR ( Mula, Madya dan Wira )

9. Materi donor darah (untuk Mula, Madya dan Wira )

10. Buku Saku Pembina PMR

11. Materi Kesehatan Remaja PMR

12. Materi Manajemen PMR

13. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Mula

14. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Madya

15. Materi Pengurangan Resiko Berbasis Remaja untuk Wira

16. Materi Remaja Sehat Peduli Sesama PMR

17. Tanda Kecakapan PMR

Bagaimana banyak bukan, kalau saya simpulkan PMR akan diajari tidak hanya pertolongan pertama, dan kegiatannya juga tidak hanya eskul, ada jumbara PMR, ada latihan gabungan, ada juga lomba PMR.

Kemudian manfaatnya sebagai anggota PMR akan dibekali ketrampilan tidak hanya pertolongan pertama tetapi pengetahuan lainnya seperti perawatan keluarga, kepmimpinan, jika mengikuti lomba, kemudian menang dan mendapatkan sertifikat lomba bisa menjadi penunjang pada saat masuk pendaftaran sekolah baru.

Di PMR juga ada Forpis Forum Remaja Palang Merah Indonesia yang di bentuk oleh PMI diwilayahnya, seringkali mengadakan even atau pun bakti sosial seperti misalnya peringati hari aids dengan sosialisasi fasilitas umum, kemudian bakti sosial di panti asuhan, tanam pohon, bersih pantai dan lainnya.

Kesimpulan dari PMR ini sebenarnya pengkaderan calon relawan PMI di masa depan yang punya ketrampilan dan karakter menolong sesama dan berjiwa kemanusiaan, sehingga setiap anggota PMR seragam yang digunakan terdapat atribut PMR yaitu bertuliskan palang merah remaja dan bed lambang PMI

Sehingga cukup menyenangkan mendapatkan pengalaman dengan berkecimpung di organisasi PMR.