-->

SERBA-SERBI PMR

Ulasan terlengkap Apa itu PMR (Palang Merah Remaja) ?

Berikut ini semoga memudahkan admin buat postingan Ulasan terlengkap Apa itu PMR (Palang Merah Remaja) ? bertujuan untuk memudahkan sahabat anggota PMR ingin belajar memperdalam, saya buatkan dalam satu halaman, berisi ulasan lengkap, kalau belum lengkap silakan tinggalkan komentar dan sewaktu-waktu halaman ini akan diupdate

Palang Merah Remaja atau PMR adalah suatu organisasi binaan dari Palang Merah Indonesia yang berpusat di sekolah-sekolah ataupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.) yang bertujuan membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi Relawan PMI pada masa depan.

PMR ada 3 tingkatan sebutkan apa saja?

PMR Mula adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Dasar (10-12 tahun). Warna slayer hijau muda.

PMR Madya adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Pertama (12-15 tahun). Warna slayer biru langit.

PMR Wira adalah PMR dengan tingkatan setara pelajar Sekolah Menengah Atas (15-17 tahun).


Baca juga : ini toko online yang menyediakan perlengkapan PMR

Apa itu PMR di sekolah dan tugasnya?

PMR merupakan suatu organisasi binaan Palang Merah Indonesia (PMI) yang berpusat di sekolah-sekolah maupun kelompok-kelompok masyarakat (sanggar, kelompok belajar, dll.). Tujuan PMR adalah untuk membangun dan mengembangkan karakter Kepalangmerahan agar siap menjadi relawan PMI di masa depan


Apa tujuan PMR di sekolah?

PMR Mula berfungsi sebagai peer leadership, yaitu dapat menjadi contoh/model ketrampilan hidup sehat bagi teman sebaya. PMR Madya berfungsi sebagai peer support, yaitu memberikan dukungan, bantuan, semangat kepada teman sebaya agar meningkatkan ketrampilan hidup sehat.

PROGRAM KERJA PMR

Bertanggung jawab atas bidang kesehatan di seluruh lingkungan sekolah dan bagi warga sekolah.

Rutin melaksanakan kegiatan penjagaan medis baik dalam kegiatan upacara maupun kegiatan lainya.

Rutin melaksanakan kegiatan donor darah tiap 2 bulan sekali.


Apa saja yg dilakukan PMR?

PMR (Palang Merah Remaja)

Pelayanan kesehatan sekolah.

Mengadakan kebersihan lingkungan sekolah.

Mengadakan latihan.

Mengadakan penyuluhan kepada masyarakat.

Mengadakan bakti sosial.

Mengadakan kunjungan ke tempat kesehatan.


Visi dan Misi PMR


Menjadikan PMR Relawan yang di siplin ilmu, disiplin akhlaq,dan disiplin waktu. Memberikan pengabdian yang tinggi kepada masyarakat/sekolah. Menyongsong anggota PMR yang lebih baik. Mewujudkan rasa kemanusiaan yang tinggi.


Kapan PMR di bentuk?

Palang Merah Remaja (PMR) - SMPN 4 KOTABARU

Siti Dasimah dan Paramita Abdurrahman. Pada tanggal 1 Maret 1950 berdirilah Palang Merah Remaja secara resmi di Indonesia.


Bagaimana cara menjadi anggota PMR?

Syarat menjadi Anggota PMR:

WNI atau WNA yang berdomisili di Indonesia.

Berusia 7-20 tahun dan belum menikah.

Berpendidikan setingkat SD, SLTP dan SLTA.

Bersedia mengikuti pelatihan dan pendidikan dasar kepalangmerahan.

Mendapat persetujuan orang tua/wali.


Baca juga : cari toko offline dan online yang jual atribut PMR ini rekomendasinya

Apa keuntungan jadi PMR?

Manfaat dari mengikuti ekstrakurikuler PMR ini juga, peserta didik dapat mengembangkan minat bakat potensi, serta cekatan untuk berempati terhadap kebahagiaan teman keluarga dan lingkungan sekitar (dalam menumbuhkan / membiasakan hidup sehat).


Apa motivasi kamu ikut PMR?

7 Contoh Alasan atau Motivasi Masuk PMR di Sekolah 

Contoh Alasan atau Motivasi Masuk PMR di Sekolah

Meningkatkan Keterampilan Kepemimpinan. Bergabung dengan PMR dapat membantu siswa mengembangkan keterampilan kepemimpinan mereka. ...

Meningkatkan Keterampilan Komunikasi. Melalui berbagai kegiatan PMR, siswa akan belajar berkomunikasi dengan baik dengan orang lain.


Apa singkatan Jumbara?

Sesuai kepanjangan dengan kegiatan Jumbara adalah Jumpa Bhakti Gembira maka selain kegiatan perlombaan juga diadakan kegiatan Out Bond, Anjangsana dengan sesama peserta, Pentas Seni, dan panggung gembira baik dari tingkat Wira, Madya maupun Mula.


Tri Bhakti PMR

keterlibatan anggota PMR dalam berbagai kegiatan kepalangmerahan merupakan karya dan bakti nyata setelah mengikuti pelatihan serta pengakuan terhadap keberadaan dan kompetensi dalam meningkatkan kualitas anggota dan organisasi, serta memberikan jawaban atas berbagai minat bergabungnya remaja dengan PMI.


Baca juga : toko online atribut PMR yang melayani COD

Apa itu uji kecakapan?

Ujian Kecakapan PMR adalah bentuk pengakuan yang dilaksanakan melalui proses penilaian terhadap penguasaan materi pelatihan PMR dan penerapan Tri Bakti PMR.


Ujian Kecakapan PMR adalah bentuk pengakuan yang dilaksanakan melalui proses penilaian terhadap penguasaan materi pelatihan PMR dan penerapan Tri Bakti PMR. Pada tahun I, anggota PMR fokus pada materi pelatihan dan sebagai peserta pelaksanaan kegiatan Tri Bakti tanpa mendapatkan Tanda Kecakapan Tribakti.


Apa saja materi materi Tanda Kecakapan PMR?

Materi PMR

Gerakan Kepalangmerahan.

Kepemimpinan (Mula, Madya, Wira)

Pertolongan Pertama Mula.

Pertolongan Pertama Madya.

Pertolongan Pertama Wira.

Donor Darah.

Remaja Sehat Peduli Sesama.

Kesehatan Remaja.


Berapa jumlah tanda kecakapan pada PMR?

Anggota PMR bisa mengikuti kegiatan di tingkat nasional, jika memiliki minimal 3 Tanda Kecakapan Materi dan 1 Tanda Kecakapan Tribakti. Anggota PMR bisa mengikuti kegiatan di tingkat internasional, jika memiliki minimal 4 Tanda Kecakapan Materi dan 2 Tanda Kecakapan Tribakti.


7 Materi PMR apa saja?

Materi PMR

Gerakan Kepalangmerahan.

Kepemimpinan (Mula, Madya, Wira)

Pertolongan Pertama Mula.

Pertolongan Pertama Madya.

Pertolongan Pertama Wira.

Donor Darah.

Remaja Sehat Peduli Sesama.

Kesehatan Remaja.


Baca juga : Pusat Atribut PMR anda bisa belanja online disini 

Apa yang dimaksud dengan manajemen PMR?

Manajemen Palang Merah Remaja (PMR) merupakan segala aktivitas pendidikan dan pembinaan PMR yang disusun secara sistematis sesuai dengan ketentuan Palang Merah Indonesia, yaitu tentang Relawan yang salah satunya ialah Palang Merah Remaja sebagai kader relawan yang dididik dan dibina dalam lingkungan lembaga pendidikan


Apa saja Siklus Manajemen PMR?

Adapun siklus manajemen PMR meliputi: Perekrutan, Pelatihan, Tri bakti PMR, Pengakuan dan penghargaan, Pemantauan / evaluasi,


Struktur organisasi PMR apa saja?

STRUKTUR ORGANISASI

Pembina PMR:

Ketua PMR:

Wakil Ketua PMR:

Sekertaris:

Bendahara :


Apa itu forpis

Forum Remaja Palang Merah Indonesia (Forpis), merupakan sarana bagi PMR untuk bermusyawarah, mengawal, mendampingi serta mensosialisasikan program Palang Merah Indonesia (PMI) secara efektif dan efisien. Selain itu, melalui Forpis, PMI dapat memantau perkembangan unit-unit PMR di setiap sekolah.


Apa tugas Forpis?

Forpis merupakan perkumpulan perwakilan PMR dalam menyalurkan dan mengkoordinir aspirasi untuk mengembangkan peran aktif PMR dalam proses pengambilan keputusan dan kepemimpinan PMI


Mengapa PMR menyenangkan?

Kegiatan Ekstrakurikuler PMR merupakan kegiatan yang menyenangkan karena banyak kegiatan yang berupa game dan outbond traning yang dapat melatih ketangkasan siswa,

Baca juga Toko Atribut PMR terlengkap terpercaya melayani custom

Tugas dan Keuntungan Masuk PMR

tugas dan manfaat eskul pmr

1. Meningkatkan Kepedulian dan Jiwa Sosial

Nah, kalau kamu bergabung dengan ekskul PMR, jiwa sosial kamu akan terlatih loh! Iya, dengan ikut PMR, kamu akan sering mengikuti kegiatan yang berkaitan dengan kemanusiaan, disinilah jiwa sosialmu akan terlatih. Selain itu, kamu juga akan lebih peduli dengan sesama loh!

Saat ikut ekskul PMR, kamu akan sering berhadapan dengan orang yang membutuhkan pertolongan. Dengan kegiatan yang ada di PMR, kamu bisa meningkatkan kepedulian karena kamu diajarkan membantu sesama.

2. Melatih Keterampilan Untuk Hidup Sehat

Dengan ikut PMR, kamu akan belajar banyak hal tentang gaya hidup sehat loh! Di PMR, kamu akan diajari tentang dasar ilmu kesehatan. Misalnya, saat bertemu seseorang terluka dan membutuhkan pertolongan, kamu bisa mempraktikkan apa yang kamu dapat di PMR.

Selain itu, ilmu kesehatan yang kamu dapatkan di PMR, bisa kamu aplikasikan dalam kehidupan sehari-hari supaya kamu punya badan yang lebih sehat dan bugar!

3. Menambah Teman Baru

Nah, ini manfaat selanjutnya. Yup, kamu bisa menambah teman baru. Teman yang ikut ekskul PMR biasanya dari berbagai kelas atau tingkatan loh! Dengan ikut ekskul PMR, dijamin temanmu akan semakin banyak karena kamu akan bertemu dengan banyak orang baru. Seru banget yah?

4. Dapat Mengikuti Lomba

Yang keempat, dengan ikut ekskul PMR, kamu bisa ikut berbagai macam ajang perlombaan loh! Kalau kamu bergabung dengan PMR, kamu akan sering mengikuti lomba dalam berbagai tingkat mulai dari nasional hingga internasional. Jelas dong, pengalamanmu akan bertambah.

Selain itu, lomba yang diadakan juga bisa dijadikan sebagai wadah untuk meraih prestasi loh! Gimana gengs, udah tertarik belum ikut ekskul kece satu ini? Kalau tertarik, mimin mau kasih tau nih beberapa tugas anggota PMR sebelum kamu ikut ekskul ini. Baca sampai abis ya!

5. Memberi Pertolongan Pertama

Nah, ini tugas wajib pertama seorang anggota PMR. Yup, kamu harus memberikan pertolongan pertama dengan sigap kepada teman atau siswa yang mengalami kecelakaan. Ingat ya, nggak semua orang bisa memberi pertolongan pertama secara tepat loh! Makanya, melalui ekskul ini kamu bakal terlatih untuk lebih cermat dalam memberikan pertolongan.

6. Mengadakan Kegiatan Sosial

Kalau PMR bertujuan untuk melatih jiwa sosial, jelas dong akan ada banyak kegiatan sosial yang diadakan. Tujuan kegiatan sosial ini jelas untuk melatih jiwa sosial anggota PMR dan membantu sesama yang membutuhkan pertolongan. Biasanya, kegiatan sosial yang dilakukan seperti bakti sosial alias baksos dan donor darah. 


Selain kegiatan sosial, kamu sebagai anggota PMR juga bertugas untuk menggalang dana dalam rangka kemanusiaan loh! Misalnya saat ada bencana seperti banjir, gunung meletus, dan lainnya. Bisa juga menggalang dana saat ada murid di sekolah kamu yang sedang kesusahan. Bener-bener meningkatkan jiwa sosial ya gengs?


7. Sebagai Pengurus UKS

Yup, UKS alias Unit Kesehatan Siswa biasanya diurus oleh anggota PMR loh! Ruang UKS kerap digunakan sebagai tempat pertama saat ada siswa atau guru butuh pertolongan. Bisa dibilang, UKS cukup penting ya keberadaannya?


Oleh karena itu, UKS harus dirawat dan dijaga dengan baik. Sebagai anggota PMR, kamu bertugas untuk menjaga dan merawat UKS agar UKS dapat berfungsi dengan sebagai mana mestinya.


8. Siaga Terhadap Bencana dan Menjadi Petugas Kesehatan

Jelas dong, sebagai anggota PMR kamu harus sigap dan siaga dalam segala situasi khususnya saat ada bencana. Bencana bisa datang kapanpun loh gengs! Entah di sekitar lingkungan kalian atau di luarnya, kamu harus tetap siap siaga untuk menolong dengan memberi pertolongan pertama saat ada orang atau korban yang terluka.


Selain siaga terhadap bencana, sebagai anggota PMR kamu juga harus siap untuk menjadi petugas kesehatan ya gengs! Ingat tugas pertama yaitu memberi pertolongan! 


9. Mengajak Orang Lain Untuk Menerapkan Gaya Hidup Sehat

Sebagai anggota PMR, kita sudah mendapat ilmu dasar kesehatan termasuk gaya hidup sehat. Ilmu yang sudah kita dapatkan harus dibagi ke banyak orang ya! Sebagai anggota PMI, kamu harus mengajak siswa dan orang lain untuk dapat menerapkan gaya hidup sehat.


Source : https://wirahadie.com/tugas-dan-manfaat-eskul-pmr/


Baca juga : macam-macam perlengkapan PMR Atribut PMR

3 Alasan Masuk PMR dan Manfaatnya bagi Siswa

1. Melatih Empati

Mengikuti ekstrakurikuler ini akan membuat kamu menjadi lebih peka atau peduli dengan lingkungan sekitarnya. Tanpa disadari hal ini akan melatih sikap empati pada para anggotanya.

2. Menambah Relasi

Jumlah siswa yang mengikuti ekstrakurikuler ini cukup banyak dan berasal dari tingkatan kelas yang berbeda. Oleh karena itu, mengikuti ekstrakurikuler PMR berarti kamu akan mendapatkan banyak teman baru dengan minat yang sama.

3. Melatih Jiwa Kemanusiaan

Alasan masuk PMR selanjutnya yaitu bisa melatih jiwa kemanusiaan. Pada dasarnya kegiatan ekstrakurikuler ini selalu berkaitan dengan dunia kesehatan maupun kemanusiaan.

Source : https://kumparan.com/berita-terkini/3-alasan-masuk-pmr-dan-manfaatnya-bagi-siswa-sma-1yuD5OwQZtk/full



Hallo Sobat PMR, sudah punya materi PMR kumpulan materi PMR yang dapat anda download dengan mudah dan gratis.

Kumpulan materi yang akan didownload antara lain :

1. Gerakan Kepalangmerahan
2. Pertolongan Pertama (PP) PMR
3. Kepemimpinan PMR  (download) dan Manajemen
4. Donor Darah PMR
5. Perawatan Keluarga (PK)
6. Kesehatan Remaja PMR
7. Ayo Siaga Bencana (ASB)
8. Mars PMI
9. Hymne PMI
10.Bakti Remaja

Semua materi diatas bisa anda download berikut liknya klik disini
Tag :