-->

SERBA-SERBI PMR

Manfaat Ekstra Kurikuler PMR by Neva Dimas Ayu Wulansari

Ekstrakulikuler adalah kegiatan yang selalu ada hampir di setiap sekolah. Baik sekolah ditingkat SD, SMP,maupun SMA. Bahkan di perguruan tinggipunnada kegiatan ekstrakulikuler. Eksrakulikuler di suatu sekolah hampir sama dengan sekolah lain. Ektrakulikuler yang biasanya ada disetiap sekolah baik SD, SMP, maupun SMA adalah ekstrakulikuler Pramuka dan PMR. Namun, selain ekstarkulikuler tersebut sekolah juga mempunyai ekstrakulikuler lain seperti ektrakulikuler komputer, pecinta alam, irma, bahkan ekstrakulikuler bela diri.

Ekstrakulikuler merupakan kegiatan yang menyenangkan sehingga banyak diminati oleh para siswa di sekolah. Para siswa dapat memanfaatkan waktu luangnya untuk mengikuti kegiatan ektrakulikuler tersebut. Selain dapat digunakan untuk mengisi waktu luang siswa, ektrakulikuler juga mempunyai banyak manfaat untuk siswa itu sendiri. Semua ekstrakulikuler tentu bermanfaat untuk siswa itu sendiri. Tujuan diadakan ekstrakulikuler adalah untuk meningkatkan kedisiplinan, kepribadian, bahkan kreatifitas siswa. Dengan banyaknya manfaat itu, kegiatan ekstrakulikuler tentu sangat menguntungkan untuk siswa sendiri. Salah satu kegiatan ektrakulikuler yang mempunyai banyak manfaat adalah ekstrakulikuler PMR.

SMA N 1 Kragan adalah salah satu sekolah yang mempunyai kegiatan ekstrakulikuler yang sangat banyak. Salah satunya adalah ektrakulikuler PMR. Kegiatan ekstrakulikuler PMR dapat diikuti oleh seluruh siswa, baik dari kelas X, XI, dan XII. Para siswa diajarkan untuk bersikap peduli, bersahabat, kerjasama, dan  yang paling penting adalah mempunyai kreatifitas. Kegiatan ekstrakulikuler di SMA N 1 Kragan selalu menyelenggarakn kegiatan-kegiatan yang bermanfaat untuk siswa, namun tidak membosankan. Kegiatan-kegiatan itu dapat mengajakan siswauntuk mempunyai sikap kepemimpinan, saling peduli, melatih kerjasama, dll. Contoh kegiatan itu adalah belajar membuat dlagbar, pengenalan obat-obatan,cara menangani orang yang mengalami kecelakaan, pratek penanganan korban,. Selain itu kegiatan PMR juga sering membuat majalah dinding (mading) yang berisi kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para anggota PMR itu sendiri.

Maka dari itu, kami mengambil judul penelitian ini “Manfaat Ekstrakulikuler PMR bagi kreatifitas siswa di SMA N 1 Kragan” karena menarik untuk diteliti lebih dalam agar dapat mengetahui manfaat untuk siswa di SMA N 1 Kragan.

Sumber