-->

SERBA-SERBI PMR

Jumbara PMR (Palang Merah Remaja ) Adalah

Sumber gambar : twitter.com

Jumbara PMR adalah Jumbara kepanjangan dari Jumpa Bhakti Gembira PMR adalah salah satu kegiatan besar organisasi PMI disetiap tingkatan, kegiatan ini didakan sebagai media untuk pembinaan dan pengembangan PMR di wilayahnya kabupaten/kota, Provinsi dan nasional.

Jumbara diadakan dalam setiap tingkatan PMI . Ada jumbara tingkat  kabupaten/kota , provinsi dan Jumbara Nasional, di mana pelaksanaannya disesuaikan dengan kemampuan PMI di wilayah yang bersangkutan. misalnya Jumbara Kabupaten dua tahun sekali Jumbara Provinsi empat tahun sekali dan Jumbara Nasional lima Tahun sekali.

Kegiatan apa saja di Jumbara itu ?

Berbagai kegiatan biasanya dilakukan selama 4 - 7 hari, materi yang sudah diberikan pada kegiatan ekstrakurikuler di sekolah masing-masing, antara lain

- Gerakan kepalangmerahan
Cakupan materinya antara lain sejarah, lambang, kegiatan kepalangmerahan, penyebarluasan prinsip-prinsip dasar gerakan palang merah dan bulan sabit merah internasional.

- Kepemimpinan
bekerja sama, berkomunikasi, bersahabat, menjadi pendidik sebaya, memberikan dukungan, menjadi contoh perilaku hidup sehat.

- Pertolongan Pertama
 melakukan pertolongan pertama di sekolah dan rumah, menolong diri sendiri.

- Sanitasi dan Kesehatan
kebersihan diri dan lingkungan.

- Kesehatan Remaja
Kesehatan reproduksi, Napza, HIV/AIDS.

- Kesiapsiagaan Bencana
 jenis bencana, cara-cara pencegahan, mempersiapkan diri, teman, dan keluarga menghadapi bencana.

- Donor darah
kampanye donor darah, merekrut donor darah remaja, mempersiapkan diri menjadi pedonor, mengadakan kegiatan donor darah pada saat wabah demam berdarah atau setelah kejadian bencana.

Demikian semoga bermanfaat.